PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Yana, Mari (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Based E-LKPD development based problem based learning to improve students' creative thinking skills on acid-base material.

[img] Text
TESIS MARIYANA_P2A81001.pdf

Download (13MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
HAL PERSETUJUAN DAN PENGESAHAAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Mariyana. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Asam Basa I) Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M. Pd. (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci : Berpikir kreatif Problem Based Learning , Asam Basa, E-LKPD Materi asam basa sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga penting bagi peserta didik untuk mempelajari materi asam basa. Akan tetapi, peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut, khususnya dalam memahami konsep larutan asam basa. sehingga mengakibatkan materi asam basa menjadi sulit untuk dimengerti. Pembelajaran kimia tidak hanya cukup dilakukan dengan cara menghapalkan teori-teori dan konsep saja, melainkan dalam proses pembelajarannya juga menuntut kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran, yaitu dengan mengembangkan media E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan dan cara penggunaan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi asam basa. Serta untuk mengetahui efektifitas E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket kebutuhan siswa, angket ahli media, desain pembelajaran, materi dan postest essay kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban tes essay). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan media E-LKPD efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi asam basa. dibuktikan dengan uji statistik N-gain diperoleh rata-rata nilai N-gain persen sebesar 77,9 > 76 dengan tafsiran “efektif”. Serta uji Paired Sample t-test iperoleh nilai signifikan pretest dan postest peserta didik yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penelitian ini menghasilkan media E-LKPD berbasis PBL yang dibuat menggunakan software 3D pageflip professional menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate).(2) Media E-LKPD yang dikembangkan, dapat digunakan oleh peserta didik dimanapun mereka berada baik di sekolah maupun di rumah masing-masing. Adapun syarat menggunakan media E-LKPD ini bisa menggunakan handphone dan laptop. (3) Media E-LKPD berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi asam basa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mariyana
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:28
Last Modified: 02 Jan 2024 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59202

Actions (login required)

View Item View Item