Syaputra, Ramdan Aris (2023) Kemampuan Menulis Teks Persuasi Dengan Menggunakan Media Youtube pada Siswa Kelas VIII A SMPN 25 Kota Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_RAMDAN ARIS SYAPUTRA (Recovered).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
Abstract
Aris Syaputra, Ramdan. 2023. Kemampuan Menulis Teks Persuasi Dengan Menggunakan Media Youtube pada Siswa Kelas VIII A SMPN 25 Kota Jambi Tahun Ajaran 2023/2024: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd. Kata kunci: Menulis, Teks persuasi, Media Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media youtube siswa kelas VIII A SMPN 25 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 25 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 25 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa tugas menulis teks persuasi berdasarkan strukturnya. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini dengan menilai satu persatu tulisan siswa oleh penilai 1 yaitu Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan penilai 2 (peneliti). Hasil penelitian dapat diketahui kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan media youtube Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 25 Kota Jambi berpredikat sangat mampu. Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata nilai dari penilai 1 dan penilai 2 sebesar 89,92 menulis teks persuasi dari struktur pengenalan isu, rangkaian argumemn, pernyataan ajakan, penegasan kembali. Nilai tersebut sudah dikategorikan sangat mampu yang bisa dilihat dari tabel interval nilai yang berada pada interval 85-100. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar lebih memperbanyak penggunaan media pembelajaran yang variatif sehingga dapat meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa. Kepada para siswa hendaknya dapat memanfaatkan media youtube sebagai media untuk belajar dan mencari informasi tentang kegiatan pelajaran yang sedang dilaksanakan. Penggunaan media youtube ini dapat memberikan pengalaman belajar baru kepada siswa agar dapat lebih termotivasi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Aris Syaputra, Ramdan. 2023. Ability to Write Persuasive Texts Using YouTube Media in Class VIII A Students of SMPN 25 Jambi City 2023/2024 Academic Year: Thesis, Department of Language and Literature Education, FKIP Jambi University, Supervisor (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd. Keywords: Writing, persuasive text, YouTube media. This research aims to describe the ability to write persuasive texts using YouTube media for class VIII A students at SMPN 25 Jambi City. This research was conducted at SMPN 25 Jambi City. This research uses a descriptive qualitative approach. The population in this study were all students in class VIII of SMP Negeri 25 Jambi City. The sample in this research was class VIII A of SMP Negeri 25 Jambi City. The data collection instrument in this research was a written test in the form of an assignment to write persuasive text based on its structure. The technique for analyzing data in this research is to assess students' writing one by one by assessor 1, namely the Indonesian Language subject teacher and assessor 2 (researcher). The results of the research show that the ability to write persuasive texts using YouTube media. Students in Class VIII A of SMP Negeri 25 Jambi City were rated as very capable. This is proven by the average score obtained from assessor 1 and assessor 2 of 89.92 for writing persuasive text from the structure of issue introduction, series of arguments, statement of invitation, reaffirmation. This value has been categorized as very capable which can be seen from the value interval table which is in the interval 85-100. From the results of this research, it is recommended that teachers increase the use of varied learning media so that they can increase students' motivation and interest in learning. Students should be able to use YouTube as a medium for learning and looking for information about the lesson activities being carried out. The use of YouTube media can provide new learning experiences to students so that they can be more motivated in learning so that they can improve students' learning outcomes.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks persuasi, Media Youtube. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | SYAPUTRA |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |