A N A LIS I S KESU LI TA N S I S WA D A LAM MEN Y ELES A I KA N SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN KLASIFIKASI TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP

Damanik, Flora Srimaya (2024) A N A LIS I S KESU LI TA N S I S WA D A LAM MEN Y ELES A I KA N SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN KLASIFIKASI TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR Rujukan .pdf

Download (76kB)
[img] Text
DOC-20240105-WA0004.-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

Damanik, Flora, Srimaya. 2023. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Taksonomi SOLO di Kelas VII SMP: Skripsi, jurusan Pendidikan Matematika ,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Roseli Theis, M.S (II) Dra. Dewi Iriani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Soal Cerita, Taksonomi SOLO Dalam mengerjakan soal matematika, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan. Salah satu data dari hasil OECD bidang matematika menunjukkan sebanyak 71 % siswa belum mencapai tingkat kompetensi minimum matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP N 1 Muaro Jambi di kelas VII. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berupa soal cerita dan kemudian dilakukan wawancara kepada 5 orang subjek yang terpilih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa setiap siswa dengan masing- masing level taksonominya mengalami tingkatan kesulitan yang berbeda-beda. Siswa dengan level Prastruktura kesulitan dalam memahami konsep secara benar, kesulitan dalam menggunakan data dimana SLP1 sudah membaca soal tetapi tidak tahu data yang mana yang ia dapat gunakan untuk menyelesaikan soal. Selain itu SLP1juga mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung matematika dan tidak mampu menarik kesimpulan. Kesulitan yang dialami siswa dengan level respon unistruktural yaitu kesulitan dalam memahami konsep secara benar, kesulitan menggunakan data dimana SLU1 sudah bisa mendapatkan informasi dari soal tetapi tidak mampu menggunakannya dan memahaminya. Selain itu siswa dengan level unistruktural juga mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung matematika dan tidak mampu menarik kesimpulan. Kesulitan yang dialami oleh siswa dengan level multistruktural yaitu memahami konsep dengan benar, dimana SLM1 belum bisa menghubungkan dua konsep yang digunakan pada soal. Selain itu, siswa pada level ini juga kesulitan dalam mengartikan data pada soal sehingga ia tidak dapat menggunakan data dengan benar. Kesulitan yang dialami oleh siswa pada level relasional adalah menggunakan data yang bersifat abstrak dan mengubahnya ke dalam model matematika. Kesulitan yang dialami oleh siswa dengan level respon abstrak diperluas adalah mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: DAMANIK
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:20
Last Modified: 09 Jan 2024 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59820

Actions (login required)

View Item View Item