Mulya Budi, Hendrawan (2024) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah dalam Membentuk Perilaku Siswa di SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAb 1.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAb 5.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan, serta apa kendala dan solusi dalam penerapan pendidikan karakter di SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur yang terletak di Kecamatan Muara Sabak Barat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur dapat dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai Islam, pembelajaran agama, dan peran model guru. Sedangkan nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui budaya sekolah adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Kendala dalam penerapan pendidikan karakter di SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur adalah keanekaragaman latar belakang siswa, kurikulum yang padat, dan kurangnya dukungan dari orang tua. Solusi mengatasi kendala tersebut adalah pemahaman bersama, pengembangan materi kurikulum, dan peran aktif orang tua.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Perilaku Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Hendrawan Budi Mulya .A.Z |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 00:57 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 00:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |