Pengembangan e-LKPD Kimia Berbasis TPACK Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Asam Basa

Prastica, Lara (2024) Pengembangan e-LKPD Kimia Berbasis TPACK Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Lara Prastica.pdf

Download (7MB)
[img] Text
cover_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Persetujuan Pengesahan_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (244kB)
[img] Text
abstrak_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab I_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Lara Prastica_A1C119045.pdf

Download (313kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD kimia berbasis TPACK menggunakan model problem based learning pada materi asam basa, serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis TPACK yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri atas lima tahapan yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap implementasi yaitu uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang peserta didik kelas XI Fase F2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif yaitu berupa skor jawaban dan presentase. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa e-LKPD berbasis TPACK menggunakan model problem based learning pada materi asam basa yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata skor 3,95 (valid) dan 3,94 (valid). Hasil penilaian guru diperoleh rata-rata skor 3,66 (sangat valid) dan respon peserta didik pada ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 547 dengan presentase 91% (sangat layak). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD kimia berbasis TPACK menggunakan model problem based learning yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon baik dari peserta didik. Kata Kunci: e-LKPD, TPACK, Problem Based Learning, Asam Basa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, TPACK, Problem Based Learning, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Prastica
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:05
Last Modified: 11 Jan 2024 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60046

Actions (login required)

View Item View Item