pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun

putri, puja liana (2024) pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (60kB)
[img] Text
cover..pdf

Download (113kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
pengesan...pdf

Download (375kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Observasi awal yang peneliti lakukan pada kelas B dengan jumlah anak sebanyak 17 anak terdapat 12 anak yang belum mampu menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah benda, masih terdapat anak yang terbalik menuliskan lambang bilangan seperti 2, 3, 5, 9, terdapat anak yang belum mampu mengenal angka sesuai dengan kuantitas angka serta kurangnya media pembelajaran yang menunjang kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-posttest. Metode eksperimen digunakan untuk menguji hipotesis menyangkut hubungan sebab-akibat. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive yaitu anak kelas B dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak usia 5-6 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis parametrik yaitu uji hipotesis (uji t). Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kecerdasan logika matematika sebesar 15,53 dan setelah diberi perlakuan penggunaan media busy book rata-rata posttest sebesar 27,47. Terdapat peningkatan rata-rata kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun sebesar 11,94. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai t hitung sebesar 28,744 dan t tabel sebesar 2,131, dari besaran nilai tersebut terlihat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Rizani Putra.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Busy Book, Kecerdasan Logika Matematika, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Putri
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:10
Last Modified: 16 Jul 2024 09:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60104

Actions (login required)

View Item View Item