Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Peran Di TK Islam Azzahra Kota Jambi

Eka Putra, Fakhri Suhanda (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Peran Di TK Islam Azzahra Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (19kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (94kB)
[img] Text
skripsi fakhri Revisi Paska Sidang_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan only.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiata bermain perandi TK Islam Azzahra Kota Jambi dimana kurang optimalnya perencanaan pembelajaran, anak masih belum mampu menggunakan bahasa yang baik, dan Metode yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar masih kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga (3) kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 anak kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas bahwa kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan berdasarkan pada aspek penilaian yang tertera pada instrumen penelitian. Hasil penelitian sebelum penelitian (pra siklus) rata-rata kemampuan berbahasa anak hanya 24,44% dari 15 anak/siswa dengan diadakannya pembelajaran melalui kegiatan bermain peran pada kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut terjadi secara bertahap. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 71,10% dari 15 orang anak, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 87.77% dari 15 orang anak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Islam Azzahra Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Putra
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:09
Last Modified: 16 Jul 2024 09:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60105

Actions (login required)

View Item View Item