Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan Dan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Tk Kirana Kota Jambi

Wahyudi, Mitha Widiyathi Putri (2024) Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan Dan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Tk Kirana Kota Jambi. S1 thesis, PG-PAUD.

[img] Text
Cover.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (991kB)
[img] Text
Mitha Widiyathi Putri Wahyudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen di Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen pada PAUD dikelompokkan menjadi dua yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen Sumatif adalah penilaian yang dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester dan pada akhir fase; khusus asesmen pada akhir semester, asesmen ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi. Asesmen yang dibahas pada penelitian ini adalah asesmen sumatif dimana peneliti ingin menganalisis penggunaan asesmen sumatif di TK Kirana Kota Jambi. Asesmen formatif diindonesia kurang berjalan dengan baik dimana biasanya hasil penilaian dilakukan secara menduga-duga serta kualitas guru PAUD pada daerah-daerah perdalaman biasanya masih belum berpendidikan S-1 PG-PAUD. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh mengunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara secara insidental atau tidak berstruktur. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Kirana Kota Jambi yang berjumlah 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi telah terdapat asesmen sumatif akan tetapi dalam pelaksanaan asesmen sumatif tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari pemahaman guru dalam melaksanakan asesmen belum cukup baik. Asesmen sumatif atau penilaian akhir salah satu sumber informasinya berasal dari penilaian harian yang telah dikumpulkan, saat pengambilan penilaian harian guru lupa mencatat kegiatan anak saat proses pembelajaran hal ini berpengaruh terhadap penilaian akhir anak. Saat pelaksanaan asesmen sumatif guru juga belum melakukan umpan balik kepada orang tua murid mengenai pemberian informasi perkembangan anak dan mencari solusi atas permasalahan yang dimiliki oleh anak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Wahyudi
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:07
Last Modified: 12 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60155

Actions (login required)

View Item View Item