Ummi, Zahidatul (2024) ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI BELANJO (BELANJA ONLINE KOTA JAMBI) MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_F1E118018_ZAHIDATUL_UMMI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
coverskripsi.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
bab1.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (179kB) |
Abstract
Aplikasi Belanjo merupakan layanan aplikasi belanja online yang digunakan masyarakat Kota Jambi untuk membeli kebutuhan pokok atau belanja sehari – hari seperti sayur, sembako, buah, daging dan lainnya tanpa harus datang ke pasar tradisional. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan aplikasi Belanjo di Kota Jambi. Penerimaan teknologi merupakan kemauan dari pengguna untuk menerapkan sistem teknologi informasi dalam melakukan pekerjaan. Pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi Belanjo dilakukan dengan menggunakan metode Technology Acceptane Model (TAM). TAM terdiri dari lima variabel yang saling terkait yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use dan Actual Use. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jambi. Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik ini adalah teknik penentuan berdasarkan pertimbangan atau kriteria – kriteria tertentu. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden sebagai sampel penelitian yang diperoleh berdasarkan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuesioner melalui Google Form dan disebarkan kepada masyarakat Kota Jambi yang telah bertransaksi menggunakan aplikasi Belanjo melalui sosial media. Analisis data dilakukan menggunakan Software SmartPLS dengan uji outer model, inner model dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapat kesimpulan secara keseluruhan dari 6 hipotesis yang diuji diantaranya 5 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak. 5 hipotesis yang diterima yaitu Perceived Usefulness (PU) berpengaruh secara signifikan terhadap Attitude Toward Using (ATU), Perceived Usefulness (PU) berpengaruh secara signifikan terhadap Behavioral Intention to Use (BIU), Perceived Ease of Use (PEU) berpengaruh secara signifikan terhadap Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEU) berpengaruh secara signifikan terhadap Attitude Toward Using (ATU), dan Behavioral Intention to Use (BIU) berpengaruh secara signifikan terhadap Actual Use (AU). Sedangkan 1 hipotesis yang ditolak adalah Attitude Toward Using (ATU) berpengaruh secara signifikan terhadap Behavioral Intention to Use (BIU). Kata Kunci : Aplikasi Belanjo, Penerimaan pengguna, Metode Technology Acceptane Model (TAM)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Aplikasi Belanjo, Penerimaan pengguna, Metode Technology Acceptane Model (TAM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ummi |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:32 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |