IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI RELATIVITAS KHUSUS

Pratiwi, Galuh (2023) IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI RELATIVITAS KHUSUS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
GALUH PRATIWI 2024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Halaman pengesahan Galuh.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan fisika Kelas Reguler A 2021, serta staf pengajar dan ilmu kependidikan Universitas Jambi, melalui pembelajaran lesson study dengan penekanan pada STEM (Science, Technology, Engineering, and Matematical).Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi menjadi lokasi penelitian ini. 35 siswa Kelas Reguler A Tahun 2021 dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023, penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran,data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan perekaman selama kegiatan pembelajaran (sebagai data utama) dan sumber literature (sebagai data penunjang), Dokumentasi, seperti gambar dan rekaman yang dibuat dengan TBLA sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar penilaian motivasi berdasarkan data transkrip diskusi kelompok. berupa instrumen motivasi belajar mahasiswa yang digunakan oleh para observer untuk mengamati setiap kegiatan mahasiswa.Permasalahan pada aktivitas proses pembelajaran fisika menjadi pendorong penelitian ini, dimana terdapat kekurangan dalam komunikasi antara mahasiswa dengan pengajar atau antar mahasiswa pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua siklus pada pelaksanannya dan transkrip pembelajaran menunjukkan adanya perbaikan yang terjadi, terlihat dari sudah membaiknya interaksi mahasiswa dan motivasi diri mahasiswa untuk belajar mengerjakan proyek selama pembelajaran sudah baik hal ini dikarenakan media pembelajaran yang diberikan mudah dipahami oleh mahasiswa. Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran dikelas reguler A 2021 didominasi oleh dosen, oleh karena itu disarankan agar dosen dapat menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik bagi dosen untuk merancang pembelajaran selanjutnya sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang didominasi oleh mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Lesson Study, TBLA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Pratiwi
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:46
Last Modified: 17 Jan 2024 04:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60658

Actions (login required)

View Item View Item