Pengaruh Iklim Sekolah dan Komitmen terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kecamatan Sungai Gelam

Muhammad, Arya Dika (2024) Pengaruh Iklim Sekolah dan Komitmen terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kecamatan Sungai Gelam. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSRTAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dika, Muhammad Arya. 2024. Pengaruh Ikim Sekolah dan Komitmen terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja di SMA se-Kecamatan Sungai Gelam: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., M.E., (II) Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Iklim, Komitmen, Kinerja, Kepuasan Kerja Berdasarkan permasalahan yang terdapat dilapangan bahwa iklim sekolah dan komitmen dalam meningkatkan kinerja guru di SMA se-Kecamatan Sungai Gelam ialah terutama dalam kurangnya guru membangun komunikasi yang baik dan tidak hadir di sekolah meskipun tidak mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah dan komitmen terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja. Iklim sekolah dan komitmen dianggap penting untuk meningkatkan kinerja guru. Istilah “kinerja guru” menggambarkan seberapa baik seorang guru melaksanakan tanggung jawabnya sebagai guru. Kualitas kinerja guru mempengaruhi kualitas hasil pendidikan. Hal ini menunjukkan bagaimana kinerja guru mempengaruhi hasil pembelajaran setelah lulus dan menjadi salah satu faktor penentu mutu pendidikan. Guru memikul kewajiban besar untuk meningkatkan standar layanan yang diberikan serta lulusannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 60 guru, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dan seluruh kelompok guru dijadikan sebagai populasi. Dengan menggunakan SPSS 26 for Windows, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan hubungan yang negatif dan signifikan antara variabel iklim sekolah dan komitmen terhadap kinerja guru dengan nilai (p=0,000<0,05) dan komitmen melalui kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru. Nilai Test Statistik < P-Value, atau -0.303 < 1,96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah dan komitmen dapat meningkatkan kinerja guru, maka penelitian ini berfokus pada bagaimana guru dapat meningkatkan kinerjanya melalui iklim sekolah dan komitmen. Sedangkan untuk kepuasan kerja sebagai variabel mediator tidak memiliki pengaruh untuk variabel komitmen terhadap kinerja guru. Saran operasional dengan melakukan identifikasi area yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil penilaian awal serta mengembangkan rencana strategis yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan iklim sekolah, komitmen guru, dan kepuasan kerja.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim, Komitmen, Kinerja, Kepuasan Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Aryadika
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:54
Last Modified: 10 Jul 2024 04:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61999

Actions (login required)

View Item View Item