Pengembangan Media Pembelajaran Website Menggunakan Assemblr Edu Pada Materi Keanekaragaman Suku Dan Budaya Indonesia Di Kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat

Alisnaini, Ahmad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Website Menggunakan Assemblr Edu Pada Materi Keanekaragaman Suku Dan Budaya Indonesia Di Kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL AHMAD FARHAN ALISNAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (337kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keanekaragaman suku dan budaya Indonesia di kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keanekaragaman suku dan budaya Indonesia di kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Penelitian berupa pengembangan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keanekaragaman suku dan budaya Indonesia di kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon peserta didik untuk melihat keterbacaan melalui uji kelompok kecil dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan melalui uji kelompok besar pada media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 4,62 dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori produk sangat valid serta penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat rata-rata sebesar 4,9 dengan kategori Sangat Praktis, dan penilaian dari respon peserta didik pada uji kelompok besar mendapat skor rata-rata 4,77 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keanekaragaman suku dan budaya Indonesia di kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat secara keseluruhan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Alisnaini
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:32
Last Modified: 18 Mar 2024 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62138

Actions (login required)

View Item View Item