PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII

Syifaurrahmadania, Syifaurrahmadania (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SYIFAURRAHMADANIA A1C220013.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Cover A1C220013.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Syifa.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Syifa.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 2 Skripsi Syifa.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB 3 Skripsi Syifa.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 4 Skripsi Syifa.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi Syifa.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Syifa.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN Skripsi Syifa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syifaurrahmadania. 2024. Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Menggunakan Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Modul Elektronik Interaktif, STEAM, Literasi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII.A MTs Laboratorium Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII berdasarkan segi kualitas yang meliputi valid, praktis dan efektif memperoleh tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 79% dengan kriteria valid, dan pada aspek desain sebesar 81,10% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 95,20% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 85,26% dengan kriteria sangat praktis. Tingkat keefektian berdasarkan hasil angket efektifitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 85,96% dengan kriteria sangat efektif, serta tingkat keefektifan berdasarkan hasil kemampuan literasi matematis diperoleh skor rata-rata sebesar 79,37 dengan kriteria sedang. Adapun hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,73 dengan kriteria peningkatan tinggi, serta persentase keefektifan N-Gain sebesar 73% yang berada dalam kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan literasi matematis siswa dapat meningkat dengan modul elektronik interaktif menggunakan pendekatan STEAM.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifaurrahmadania
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:34
Last Modified: 27 Mar 2024 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62447

Actions (login required)

View Item View Item