Pengaruh Kecanduan GAME ONLINE Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMP N 13 Tanjung Jabung Timur

Lestari, Endah, Neneng (2024) Pengaruh Kecanduan GAME ONLINE Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMP N 13 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (49kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
NENENG ENDAH revisi cetak keras.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kecanduan game online adalah proses keadaan ketergantugan individu dalam bermain game online, dari segi jumlah waktu dan intensitas bermain yang menimbulkan pengaruh bagi si pemain tersebut. Dalam diri siswa kecanduan game online marak terjadi dan mengakibatkan siswa lalai terhadap orang sekitar, menurunnya kepedulian dan kurangnya interaksi dengan lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan adanya pengaruh kecanduan game online terhadap interaksi sosial siswa di SMP N 13 Tanjung Jabung Timur. Pada penelitian ini akan membahas tentang kecanduan game online yang dilihat dari teori Masya dan Candra (2016:107) yang menyebutkan a) Compulsion (dorongan), b)Withdrawal(penarikan diri), Tolerance (toleransi), Interpersonal and health-related. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pada penelitian ini menggunakan metode expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Dengan jumlah sampel yang diteliti dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 57 siswa. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan, yang terdiri dari pernyataan variabel Kecanduan game online (X) dan Interaksi sosial siswa (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.5. Variabel kecanduan game online (X) terhadap variabel interaksi sosial siswa (Y) di SMP N 13 Tanjung Jabung Timur memiliki pengaruh 56% berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini, dapat diimpilasikan terhadap bimbingan dan konseling disekolah, guru bimbingan dan konseling perlu melakukan tindakan membantu siswa terhindar dari kecanduan game online maupun mengatasi kecanduan game online yang dialami oleh siswa, salah satu bidang bimbingan dan konseling adalah bidang pribadi dan sosial. Guru bimbingan dan konseling dapat membuat Program bimbingan pribadi dan sosial hal ini dapat membantu siswa dalam memiliki ketrampilan pengendalian pribadi dan sosial dan cara memecahkan permasalahan serta menghindarkan diri dari perilaku negatif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan game online, Interaksi Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Lestari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:40
Last Modified: 10 Jul 2024 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62475

Actions (login required)

View Item View Item