ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI MAN 2 TASIKMALAYA MELALUI PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI EFEK DOPPLER DENGAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS

Anggraini, Renza Anggela (2024) ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI MAN 2 TASIKMALAYA MELALUI PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI EFEK DOPPLER DENGAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository-cover.pdf

Download (976kB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository_persetujuan pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository-abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository-Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository-Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository-Dapus.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Renza_ Skripsi Full Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Anggraini, Renza Anggela. 2024. Analisis Keaktifan Peserta Didik di MAN 2 Tasikmalaya melalui Pengamatan Video Pembelajaran pada Materi Efek Doppler dengan menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Rahma Dani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Peserta Ddik, TBLA, Video Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran terutama pada materi efek doppler. Hal ini dikarenakan adanya anggapan dari peserta didik bahwa proses pembelajaran merupakan proses transfer ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik. Selain itu, kesulitan untuk memahami materi tersebut juga menjadi alasan bagi peserta didik sehingga kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan langkah analisis pembelajaran guna mengetahui tingkat keaktifan peserta didik berdasarkan beberapa indikatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis keaktifan peserta didik di MAN 2 Tasikmalaya dengan menggunakan Teknik Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Penelitian ini dilakukan pada bulan juni 2023 – desember 2023. Penelitian dilakukan dengan observasi video pembelajaran efek doppler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan pendekatan sekuensial eksploratif. Pendekatan ini mengutamakan pengumpulan data kualitatif terlebih dahulu sebelum pengumpulan data kuantitatif. Data kualitatif ini berupa transkrip percakapan atau dialog yang diambil dengan teknik TBLA. Analisis lebih mendalam terhadap keaktifan peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen yang diperoleh dari analisis dialog, yang kemudian disesuaikan dengan kategori keaktifan peserta didik. Hasil penelitian ini merupakan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa dari segi keterlibatan peserta didik, kegiatan yang paling mencolok meliputi partisipasi dalam menyelesaikan tugas, terlibat dalam pemecahan masalah, dan aktif dalam diskusi kelompok sesuai dengan arahan guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Peserta Ddik, TBLA, Video Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:23
Last Modified: 19 Jul 2024 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62559

Actions (login required)

View Item View Item