ANALISIS EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2015-2017 JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS JAMBI

RHOMADANI, ADITIA ANALISIS EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2015-2017 JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL ANALISIS EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI ANGKATAN 2015-2017 JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (15kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (295kB) | Preview
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
bab v.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Rhomadani, Aditia. 2018. Analisis Efisiensi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Hj. Farida Kohar, MP, (II) Dr. Kuswanto, M.Si Kata Kunci : Efisiensi Belajar, Input Belajar dan Output Belajar Efisiensi berkaitan dengan kuantitas hasil suatu kegitan. Suatu kegiatan belajar dapat dikatakan efisien kalau prestasi belajar yang diinginkan dapat dicapai dengan usaha yang hemat atau minim. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi input belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. 2. Mengetahui efisiensi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Populasi berjumlah 113 mahasiswa dan sampelnya menjadi 53 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Dimana data yang diperoleh data primer yaitu data input belajar, yang dikumpulkan secara langsung. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisikan 5 item untuk input belajar dan 1 item untuk output belajar. Serta data sekunder yaitu data output belajar yang diperoleh dari pihak BAK Universitas Jambi berupa daftar prestasi akademik penerima beasiswa bidikmisi digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa input belajar yang berpengaruh terhadap output belajar pada pada ɑ 10% adalah pembelian buku/modul, fotokopi dan komunikasi dalam hal ini pulsa untuk internet. Diperoleh nilai t-ratio variabel buku/modul sebesar (1,07) dan nilai t-ratio variabel fotokopi sebesar (-1,87) serta nilai t-ratio variabel komunikasi sebesar (1,35) dan tingkat efisiensi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi rata-rata mencapai 0,99 = 99%, hal ini menjelaskan bahwa efisiensi belajarnya sudah cukup efisien. Adapun 0,1 = 1% digunakan untuk meningkatkan output belajar yaitu: buku/modul, fotokopi dan komunikasi dalam hal ini pulsa untuk internet. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah disarankan kepada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015-2017 Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi harus lebih banyak membeli buku/modul untuk dapat mendukung dan menunjang proses belajar, mengurangi biaya untuk fotokopi yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan belajar dan meningkatkan penggunaan komunikasi dalam hal ini pulsa untuk internet sebagai sumber belajar untuk mengakses jurnal-jurnal maupun disiplin ilmu yang dipelajari dan bagi peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian-penelitian lain mengenai faktor-faktor inefisiensi belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADITIA RHOMADANI
Date Deposited: 10 Dec 2018 03:54
Last Modified: 10 Dec 2018 03:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item