Purba, Elisa (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
JUDUL COVER.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN .pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
A1C320030_ELISA LASTARIDA PURBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Purba, Elisa Lastarida. 2024. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Pada Materi Hukum Newton Kelas 11 SMAN 8 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra.Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hukum Newton, Motivasi, Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Pada Materi Hukum Newton Kelas 11 SMAN 8 Kota Jambi Pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada Desember 2023. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data melalui penyebaran angket motivasi belajar dan instrumen pemahaman konsep. Populasi penelitian ini ialah kelas XI SMAN 8 Kota Jambi dengan sampel penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sehingga kelas yang merupakkan bagian dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel, sampel pada penelitian ini ialah kelas XI F1 dan F2 SMAN 8 Kota Jambi. Setelah angket dan instrumen disebar, data dianalisis secara kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mempengaruhi pemahaman konsep siswa SMAN N 8 Kota Jambi kelas XI pada materi Hukum Newton dengan persentase kontribusi pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 8,5% pada kategori rendah. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan karena pada implikasinya penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi bagi tenaga pendidik pentingnya akan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep siswa dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai di dalam laboratorium dan ruangan kelas yang merupakan faktor penunjang keberhasilan dan kelancaran kegiatan pembelajaran peserta didik yang dan juga berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum Newton, Motivasi, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Purba |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 02:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |