Eksplorasi Etnomatematika Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar

Sartika, Hana Yuli (2024) Eksplorasi Etnomatematika Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (308kB)
[img] Text
HANA YULI SARTIKA_A1D120026_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat pada Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi (2) mendeskripsikan konsep matematika apa saja yang terdapat pada Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di dua tempat Wawancara dilakukan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, sedangkan observasi dilakukan di Arena MTQ ,Kota Jambi, Jambi. Penelitian ini dilakukan pada januari- februari 2024. Hasil penelitian ini berupa sumber referensi bagi penelitian yang berkaitan dengan Eksplorasi Etnomatematika motif rumah adat kajang lako jambi dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga bisa menjadi bahan kajian bagi guru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, berarti, dan menginspirasi bagi siswa mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Eksplorasi Etnomatematika Motif Rumah Adat Kajang Lako Jambi dapat membantu siswa dalam memahami konsep geometri,pengukuran,dan aritmatika. Mereka belajar tidak hanya dari buku teks, tetapi juga dari lingkungan sekitar mereka. This research aims to (1) describe the ethnomathematics found in the Motif of Kajang Lako Jambi Traditional House and (2) describe what mathematical concepts are present in the Motif of Kajang Lako Jambi Traditional House that can be used in elementary mathematics learning. The research method used is qualitative research with an ethnographic approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. This research was conducted in two places. Interviews were conducted at the Department of Culture and Tourism of Jambi Province, while observations were carried out at the MTQ Arena, Jambi City, Jambi. This research was conducted from January to February 2024. The results of this research serve as a reference for research related to the exploration of ethnomathematics in the motif of Kajang Lako Jambi traditional house in improving students' understanding of mathematical concepts in elementary school. This research can also be a material for teachers to create enjoyable, meaningful, and inspiring learning experiences for their students. Based on the results of this research, it can be concluded that the exploration of Ethnomathematics in the Motif of Kajang Lako Jambi Traditional House can help students understand concepts of geometry, measurement, and arithmetic. They learn not only from textbooks but also from their surrounding environment.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi,Etnomatematika,Rumah Adat Kajang Lako Jambi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sartika
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:17
Last Modified: 19 Apr 2024 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62992

Actions (login required)

View Item View Item