Darmawati, Darmawati (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Proses Asimilasi dan Akomodasi Pada Materi Relasi dan Fungsi. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Proses Asimilasi dan Akomodasi Pada Materi Relasi dan Fungsi.
![]() |
Text
Skripsi Full Text.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang rendah. Dalam memahami konsep diperlukan proses berpikir yang baik untuk memudahkan dalam menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Maka diperlukan adaptasi dalam proses berpikir tersebut yaitu pengintegrasian informasi baru (asimilasi) dan proses penyesuaian informasi yang sudah dipunyai siswa dengan informasi yang baru diperoleh (akomodasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan proses asimilasi dan akomodasi pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 6 Muaro Jambi pada Januari 2024. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Tes pemahaman konsep matematika siswa dan wawancara diberikan kepada tiga subjek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa subjek pertama belum memenuhi satu indikator dari ketujuh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis. Dalam penyelesaian soalnya subjek pertama mengalami proses berpikir asimilasi dan akomodasi. Sedangkan subjek ketiga belum memenuhi tiga indikator dari ketujuh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Dalam penyelesaian soalnya subjek kedua juga mengalami proses berpikir asimilasi dan akomodasi. Sementara subjek ketiga belum memenuhi tiga indikator dari ketujuh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, memberi contoh dan bukan contoh, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Dalam penyelesaian soalnya subjek ketiga juga mengalami proses berpikir asimilasi dan akomodasi
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DARMAWATI |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 08:26 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 08:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |