Kholifatuzaroh, Meida Faradila (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN MOBILE GAMIFICATION LEARNING SYSTEM (MGLS)PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MELATIH SELF REGULATED LEARNING. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text
HALAMAN SAMPUL DAN JUDUL.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (133kB) |
Abstract
Kholifatuzaroh, Meida Faradila. 2024, “Pengembangan e-Modul Berorientasi Project Based Learning (PjBL) dan Mobile Gamification Learning System (MGLS) Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Melatih Self Regulated Learning”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Afrida, S.Si., M.Si (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata kunci: e-Modul, Model Pengembangan 4D, hasil pengembangan e-Modul atau dikenal dengan modul elektronik adalah salah satu jenis modul yang didalamnya terdapat teks, gambar, grafik, animasi, dan juga video yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul menggunakan canva design pada materi ikatan kimia dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan kerangka 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data-data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari lembar observasi awal, lembar wawancara, dan lembar angket. Setelah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, produk diuji cobakan di kelas XI Fase F1 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa produk layak dan sesuai untuk diuji cobakan, sedangkan dari hasil penilaian guru diperoleh hasil rata-rata skor sebesar 4,53 dan dikategorikan sangat baik, kemudian hasil penelitian dari angket respon siswa menujukkan persentase 87,73% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Modul Berorientasi Project Based Learning (PjBL) dan Mobile Gamification Learning System (MGLS) Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Melatih Self Regulated Learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Model Pengembangan 4D, hasil pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Kholifatuzaroh |
Date Deposited: | 03 May 2024 06:49 |
Last Modified: | 03 May 2024 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |