Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMK Negeri 2 Kota Jambi

Febrian Zahra, Puji (2024) Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMK Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi_Puji Febrian Zahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (250kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dengan adanya penurunan motivasi kerja guru di SMK Negeri 2 Kota Jambi, pemahaman mendalam tentang pengaruh persepsi guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah menjadi sangat penting dalam mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dan mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan kembali motivasi kerja mereka. Keadaan ini menegaskan urgensi penelitian ini dalam mencari solusi yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja guru serta memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 responden (guru) di SMK Negeri 2 Kota Jambi menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang memiliki rentang 1-5. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi guru dengan menghasilkan t hitung sebesar 8,126 dan nilai t tabel sebesar 1,980 (tingkat signifikansi 5%, n = 125). (2) budaya sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan menghasilkan t hitung sebesar 5,279 dan nilai t tabel sebesar 1,980 (tingkat signifikansi 5%, n =125). Ketiga Diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,367. Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 36,7% terhadap variabel motivasi kerja guru,. Sedangkan sisanya sebesar 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Motivasi Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Zahra
Date Deposited: 14 May 2024 03:37
Last Modified: 10 Jul 2024 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63541

Actions (login required)

View Item View Item