Efrinisa, Lonika (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI MINYAK BUMI BERBASIS SETS-PJBL (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY-PROJECT BASED LEARNING). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
Cover skripsi.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI LONIKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (125kB) |
Abstract
Abstrak Materi minyak bumi memperkenalkan konsep ilmiah yang kompleks sehingga siswa merasa sulit untuk memahami dan kurang tertarik untuk mempelajarinya. Pembelajaran yang menarik dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan ajar yang variatif. Hal ini sesuai dengan prinsip SETS-PjBL, yaitu konsep pembelajaran kimia yang berbasis proyek dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-LKPD interaktif materi minyak bumi berbasis SETS-PjBL secara spesifik untuk membuat siswa tertarik belajar kimia dan untuk mengetahui apakah e-LKPD yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi & media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli materi dan ahli media masing-masing rerata skor sebesar 4,6 dan 4,6 dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru kimia dengan rerata skor 4,8 (sangat baik). Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase yaitu 92,67%. Abstract Petroleum materials introduce complex scientific concepts that students find difficult to understand and less interested in studying them. Interesting learning can be done by utilizing varied teaching materials. This is in accordance with the principles of SETS-PjBL, which is a project-based and fun chemistry learning concept. This study aims to determine the process of developing interactive e-LKPD of petroleum materials based on SETS-PjBL specifically to make students interested in learning chemistry and to find out whether the developed e-LKPD is feasible theoretically and practically. This research is a development research using the Lee & Owens development model. The research instruments used were interview guidesheets and questionnaires. Products from development are validated by material & media experts and assessed by teachers who then conduct small group trials. The data analysis techniques used are qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative data analysis (answer scores and percentages). The results of this study were obtained from material experts and media experts with an average score of 4.6 and 4.6 respectively in the very decent category. Furthermore, practitioner assessment was obtained by chemistry teachers with an average score of 4.8 (very good). As well as getting a very good response from students with a percentage of 92.67%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Minyak Bumi, SETS, PjBL |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Efrinisa |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:43 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |