Sariani, Sariani (2024) KAJIAN PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN SCP PADA AGROINDUSTRI SELAI NANAS GORENG DI KABUPATEN MUARO JAMBI. KAJIAN PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN SCP PADA AGROINDUSTRI SELAI NANAS GORENG DI KABUPATEN MUARO JAMBI (Jurnal Media Agribisnis/ MEA), 9 (2).
![]() |
Text
tesis_Sariani_P2D122004.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
Abstract
SARIANI. P2D122004. Kajian Pemasaran Dengan SCP Pada Agroindustri Selai Nanas Goreng di Kabupaten Muaro Jambi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah. M.Sc dan Dr. Mirawati Yanita, S.P., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan gambaran umum usaha agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, 2) Mendeskripsikan gambaran umum pemasaran agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, 3) Menganalisis struktur pasar pada agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, 4) Menganalisis perilaku pasar pada agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, dan 5) Menganalisis kinerja pasar pada agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Metode pengambilan sampel didalam penelitian ini dilakukan secara purposive (sengaja) kepada agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada pemasaran agroindustri selai nanas goreng dengan menggunakan pendekatan Structure, Conduct dan Performance (SCP). Penelitian ini dilaksanakan pada November 2023 sampai Desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan : 1) agroindustri selai nanas goreng di Desa Tangkit Baru merupakan usaha rumah tangga yang pada umumnya dikelola untuk meningkatkan nilai tambah, 2) saluran pemasaran selai nanas goreng yang terbentuk terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu : (1) agroindustri-konsumen; dan (2) agroindustri-pengecer-konsumen dan setiap lembaga melakukan fungsi fungsi pemasaran meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas, 3) agroindustri selai nanas goreng memiliki struktur pasar oligopoli ketat, 4) Perilaku pasar ditandai dengan penerapan strategi harga, produk, promosi dan merupakan agroindustri padat modal, dan 5) Kinerja pasar agroindustri selai nanas goreng belum baik dengan rendahnya nilai X-eff dan PCM yang diperoleh. Kata kunci : agroindustri selai nanas goreng, CR4, MES, CLR, X-Eff, PCM
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | Sariani |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:35 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |