PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA SWASTA SE-KOTA JAMBI

SINAGA, FELIZA PARAMITHA (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA SWASTA SE-KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA SWASTA SE-KOTA JAMBI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (55kB)
[img] Text
surat.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu urgensi dari kurikulum merdeka yang menuntut peserta didik untuk mencapai dua elemen pada fase F yaitu elemen pemahaman fisika dan elemen keterampilan proses. Capaian pembelajaran yang dimuat dalam elemen pemahaman fisika yaitu agar peserta didik mampu menerapkan konsep fluida. Berikutnya, capaian pembelajaran yang dimuat dalam elemen keterampilan proses yaitu agar peserta didik mampu mengamati, mempertanyakan, memprediksi, merencanakan, melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan hasil. Mengukur pengaruh literasi digital terhadap kemampuan pemecahan masalah dilakukan karena peserta didik dalam mengkomunikasikan dan menyajikan data, mengevaluasi informasi memiliki hubungan timbal balik yang artinya perlu adanya pengukuran pengaruh. Kemudian, mengukur pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains dilakukan karena peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil dan menyajikan data, merencanakan dan melakukan eksperimen juga memiliki hubungan timbal balik yang artinya perlu adanya pengukuran pengaruh. Namun, keadaan sekarang ditemukan bahwa peserta didik lebih fokus memperoleh hasil tanpa menginterprestasikan dan mengevaluasi temuannya di ruang digital. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains peserta didik di SMA Swasta Se-Kota Jambi pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Swasta Se-Kota Jambi dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket literasi digital, tes soal esai kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini analisis data diproses menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pengaruh literasi digital terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida dinamis di SMA Swasta Se-Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sinaga
Date Deposited: 28 May 2024 04:03
Last Modified: 28 May 2024 04:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64116

Actions (login required)

View Item View Item