Anjeli Putri, Berliani (2024) Pengembangan Website Pembelajaran Diferensiasi Untuk Mengetahui Tingkat Kognitif Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan website pembelajaran diferensiasi, hasil validasi serta kepraktisan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa pada materi GLB berdasarkan taksonomi bloom. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Proses pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLB terdiri dari tahapan analisis (analyze), desain (design), dan pengembangan (development). Alat yang digunakan dalam pengembangan website yaitu menggunakan exppres sebagai web server dan mongodb sebagai database, visual studio code sebagai editor dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada bulan Maret 2024. Data yang diperoleh untuk selanjutnya dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validator ahli media, ahli materi serta angket praktikalitas yang disebarkan pada guru dan siswa. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi awal berupa wawancara kepada guru dan saran yang diberikan oleh validator ahli media dan materi. Hasil penelitian berupa produk pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi Gerak Lurus Beraturan ini dapat diakses melalui laman website https://berdiferensiasi.vercel.app/auth/home. Hasil validasi media yang telah dilakukan oleh ahli media yang dilakukan sebanyak 3 tahap validasi didapatkan 95,73%. Berdasarkan pengujian yang dilakukan pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLB secara keseluruhan dikategorikan “sangat layak” sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil uji praktikalitas yang telah dilakukan oleh responden yaitu satu guru mata pelajaran fisika dan 30 siswa kelas XI F1A SMA N 11 Muaro Jambi didapatkan 99,15% dan 83,65%. Berdasarkan pengujian yang dilakukan pengembangan website pembelajaran diferensiasi untuk mengetahui tingkat kognitif siswa berdasarkan taksonomi bloom pada materi GLB secara keseluruhan dikategorikan “sangat praktis” sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gerak lurus beraturan, pembelajaran diferensiasi, taksonomi bloom, website |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:01 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |