PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA PASAR, DAN PASAR UNTUK SMP KELAS VII

Romios, Seri PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA PASAR, DAN PASAR UNTUK SMP KELAS VII. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA PASAR, DAN PASAR UNTUK SMP KELAS VII.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Romios, Seri. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPS Materi Permintaan, Penawaran, Harga Pasar, dan Pasar Untuk SMP Kelas VII. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi., (2) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : bahan ajar, kontekstual, IPS Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan ke arah yang lebih kompleks. Hal ini menimbulkan masalah-masalah sosial dan tuntutan-tuntutan baru yang tidak dapat diramalkan sebelumnya, sehingga pendidikan selalu menghadapi masalah karena adanya kesenjangan antara yang diharapkan dengan hasil yang dapat dicapai dari proses pendidikan. Dalam rangka menyelesaikan masalah diatas yang mana hampir terjadi di semua sekolah menengah pertama, maka sudah seharusnya seorang pendidik mengembangkan strategi, metode dan fasilitas pembelajaran agar tercipta proses pembelajaran yang efektif sehinggga dapat meningkatkan hasil belajar atau kinerja siswa. Pengembangan bahan ajar adalah salah satu langkah strategis yang dapat ditempuh. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar IPS berbasis kontekstual untuk SMP kelas VII. Bahan ajar berisikan materi mengenai permintaan, penawaran, harga pasar, dan pasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur model pengembangan Dick and Carey yang meliputi: mengidentifikasi tujuan-tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menganalisa pembelajar dan konteks, tulislah tujuan-tujuan penampilan, kembangkan instrumen penilaian, kembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif pada instruksi, merevisi pembelajaran, dan merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Penelitian dilakukan pada Agustus 2017 sampai Agustus 2018, dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, angket dan tes melalui tahapan uji coba ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada mata pelajaran IPS materi permintaan, penawaran, harga pasar, dan pasar untuk SMP kelas VII secara nyata efektif dapat meningkatkan hasil belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SERI ROMIOS
Date Deposited: 21 Dec 2018 01:48
Last Modified: 21 Dec 2018 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item