Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Berbantuan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Citra, Yunsa (2024) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Berbantuan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK (4).pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
COVER (3).pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (359kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI YUNSACITRA-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Yunsacitra, 2024. Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Berbantuan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Pembimbing (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Struktural Analitik Sintetik, Media Gambar, Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki strategi pembelajaran dan memberikan informasi ilmiah mengenai metode Struktural Analitik Sintetik dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN 207/IV Jerambah Bolong pada siswa kelas 1.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yakni kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik dapat dinyatakan meningkat apabila telah mampu membaca (huruf-sukukata-kata-kalimat) dengan lancar dan benar. Tingkat keberhasilan tindakan ini ditentukan bedasarkan peneliti dengan pertimbangan kemampuan awal peserta didik. Sehingga selain data yang cukup. Peneliti juga meminta pertimbangan kolaborator. Ukuran keberhasilan untuk pencapaian tujuan penelitian tindakan kelas ini dengan kriteria keberhasilan rata-rata 60% pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1, pada siklus 1 diperoleh data 48,27% dengan kategori belum tuntas lalu pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,20% dengan kategori tuntas, berdasarkan hasil data tersebut bahwasannya penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Kesimpulan dari penelitian ini yakni penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa karena melalui langkah-langkah yang ada pada metode tersebut. Langkah-langkah metode ini mempermudah siswa dalam membaca. Media yang digunakan tergolong dalam kehidupan sehari-hari atau disekitar rumahnya. Dengan penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambarterjadi perubahan positif bagi kondisi kelas pada saat jam pembelajaran berlangsung. Penerapan metode ini dirancang sebaik mungkin agar siswa tidak mudah bosan dan menjadikan siswa lebih aktif kembali seperti semula

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktural Analitik Sintetik, Media Gambar, Membaca
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: YUNSACITRA
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:48
Last Modified: 05 Jun 2024 04:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64433

Actions (login required)

View Item View Item