ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM AKADEMIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (SIAKADEKA) UNIVERSITAS JAMBI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Ardinas, M. Reza (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM AKADEMIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (SIAKADEKA) UNIVERSITAS JAMBI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. S1 thesis, Sistem Informasi.

[img] Text
Full Text.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Website SIAKADEKA merupakan website yang membantu pengelolaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa Universitas Jambi. Selama website ini diterapkan, belum pernah dilakukan pengukuran kualitas website sehingga keberhasilan dari website tersebut belum diketahui. Pengukuran kualitas website sangat penting dilakukan agar pengembang mengetahui tingkat kepuasan pengguna serta kekurangan dari website yang telah dibangun dan dapat menjadi bahan evaluasi agar selaras dengan keinginan penggguna. Pada penelitian ini, dilakukan analisis pengaruh kualitas website SIAKADEKA terhadap kepuasan pengguna menggunakan WebQual 4.0 yang mengambil studi kasus mahasiswa Program Sarjana Universitas Jambi dan menggunakan tiga variabel usability (kegunaan), information quality (kualitas informasi), service interaction quality (pelayanan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui angket UNJA menggunakan skala likert 4. Analisis data yang digunakan adalah Hasil Uji Pengukuran (Outer Model), Hasil Uji Model Struktural (Inner Model) serta Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh sampel sebesar 98 sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak seluruh variabel berpengaruh terhadap user satisfaction (kepuasan pengguna) hanya information quality dan service interaction quality yang memiliki pengaruh signifikan terhadap user satisfaction, sedangkan Usability tidak terbukti signifikan terhadap user satisfaction. Hasil analisis kesenjangan menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata analisis kesenjangan sebesar -0,12 yang berarti tingkat kinerja website SIAKADEKA belum memenuhi harapan pengguna. Selanjutnya hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat 6 indikator pada kuadran I, 4 indikator pada kuadran II, 6 indikator pada kuadran III, dan 6 indikator pada kuadran IV. Kata Kunci : Kualitas Website, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA)

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: ARDINAS
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:43
Last Modified: 10 Jun 2024 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64704

Actions (login required)

View Item View Item