Evisetiawati, Evisetiawati (2024) Hubungan Stereotip Gender dengan Presentasi Diri Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER_092112.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_092107.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I_092059.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_092004.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V_091925.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_091921.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh presentasi diri siswa ketika di sekolah, yang mana terlihat siswa laki-laki yang lebih aktif dalam kegiatan pelanggaran sekolah, selain itu dalam kegiatan belajar di kelas siswa laki-laki terlihat lebih aktif dalam mengganggu temannya yang sedang belajar. Sedangkan siswi perempuan terlihat di sekolah lebih pendiam ketika di kelas, ramah, dan penurut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan stereotip gender dengan presentasi diri siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dibatasi hanya pada pandangan stereotip gender kehidupan sehari-hari siswa di sekolah dan presentasi diri siswa ketika di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 262 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner). Data dianalisis dengan menggunakan Uji Persentase dengan formula C, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Korelasi Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) tingkat stereotip gender siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase 78%. 2) presentasi diri siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi berada dalam kategori tinggi dengan persentase 74%. 3) Hasil penelitian juga menunjukan hasil korelasi diketahui positif sebesar 0,414. nilai pearson correlation yang diperoleh ditafsirkan menggunakan pedoman korelasi, dimana pada r hitung (0,414) berada pada rentang (0,40 – 0,70) yang ditafsirkan termasuk dalam kategori memiliki hubungan yang memadai. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan ke arah positif antara stereotip gender dengan presentasi diri siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan penggunaan metode penelitian yang lain untuk memvalidasi temuan dan memperkuat keabsahan penelitian. Serta diharapkan peneliti selanjutnya mampu menyempurnakan ini dengan mengurangi adanya kesalahan pada peneliti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Evisetiawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:01 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |