Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Disiplin Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Merangin

Prayogo, Untung and Nelyahardi, Nelyahardi and Lubis, Muhammad Alridho (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Disiplin Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Merangin. S1 thesis, Bimbingan Konseling.

[img] Text
COVER .pdf

Download (181kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Kata pengantar (1).pdf

Download (125kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (224kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Skrpsi ful fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (982kB)

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan proses interaksi, komunikasi dan respon yang ditunjukkan kepada anak berdasarkan metode pemahaman dan perkembangan yang diberikan oleh orang tua, salah satu bentuk sikap dan karakter yang ditanamkan adalah Disiplin. Disiplin belajar yang dikembangkan merupakan tujuan untuk membantu siswa sehingga mendapatkan kualitas pendidikan yang optimal. Sikap, interaksi, komunikasi dan respon orang tua merupakan salah satu tolak ukur apakah pelaksanaan Disiplin pada siswa berjalan dengan baik Penelitian ini menggunakan metode expost facto, pelaksanaan penelitian ini menggunakan 103 (seratus tiga) responden, sampel yang dipilih dengan metode sample random sampling dengan populasi adalah kelas X di SMK Negeri 4 Merangin. Pada pelaksanaan penelitian, instrumen yang digunakan adalah angket dan terbagi menjadi 2 angket yaitu angket pola asuh orang tua dengan 37 pernyataan dan angket Disiplin belajar dengan 30 pernyataan. Hasil penelitian, pada pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa dari 103 responden, 22% responden merasakan kecendrungan pola asuh otoriter, 49% merasakan kecendrungan pola asuh demokratis, dan 29% merasakan kecendrungan pola asuh permisif. Analisis Regresi linear hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang memiliki pengaruh terhadap disiplin belajar adalah pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Pengujian regresi berganda menunjukkan hasil bahwa pola asuh orang tua secara simultan mempengaruhi disiplin belajar. Berdasarkan hasil koefisien determinasi pola asuh orang tua mempengaruhi disiplin belajar secara positif sebesar 35,8%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji hipotesis parsial (uji t) dan uji hipotesis simultan (uji f) menunjukkan bahwa nilai sig variabel lebih kecil dari sig α yaitu 0.000 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pola asuh orang tua mempengaruhi disiplin belajar secara signifikan. Kata Kunci : Pola Asuh, Disiplin Belajar, Pola Asuh Demokratis, Pola Asuh Permisif

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PRAYOGO
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:18
Last Modified: 10 Jul 2024 08:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64802

Actions (login required)

View Item View Item