Ramadanti, Elga (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Tk An-Nahl Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I pendahuluan .pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V kesimpulan dan saran.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
cover judul skripsi .pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ELGA RAMADANTI NIM 02.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun di TK An-Nahl Kota Jambi yang masih belum berkembang. Hal ini terlihat dari temuan awal yaitu ketika guru menjelaskan atau bercerita hanya ada beberapa anak yang mampu menjawab cerita yang diberikan oleh guru nya contohnya di kelas guru menceritakan sebuah tema hewan ketika diberikan pertanyaan oleh guru anak mampu menjawab karena anak memperhatikan guru saat menjelaskan dan untuk anak yang tidak menjawab mereka tidak fokus dalam pembelajaran contoh nya disaat guru bercerita mereka sibuk bermain dan mengganggu temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kecerdasan linguistik pada anak usia dini 5-6 tahun di kelas B TK An Nahl kota Jambi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kecerdasan linguistik anak usia dini. Hipotesis penelitian ini adalan “Terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah quasi eksperimental Design dengan bentuk pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 31 anak. Sampel dalam peneitian berjumlah 31 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Jenuh. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keceredasan lingustik anak usia 5-6 dikelas dikelompok B1 sebagai kelas eskperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 43,40 dan pada (posttest) setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 61,80. Pada kelompok B2 sebagai kelas kontrol sebesar rata-rata sebelum diberi perlakuan 44,62 dan setelah dilakukan posttest itu sebesar 60,18. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Ramadanti |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:32 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 09:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |