IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMKN 2 SUNGAI PENUH

Fatrizal, Fatrizal (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMKN 2 SUNGAI PENUH. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Fatrizal Abstrak .pdf

Download (434kB)
[img] Text
Fatrizal Bab 1.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Fatrizal Bab 5.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Fatrizal Daftar Pustaka.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Fatrizal Full Disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fatrizal Lembar Pengesahan .pdf

Download (312kB)
[img] Text
Fatrizal-Cover.pdf

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Bagaimanakah formulasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan kebijakan Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMKN 2 Sungai Penuh, Hasil penelitian, Implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMKN 2 Sungai Penuh dilaksankan dengan pendekatan berbasis budaya sekolah dengan Langkah formulasi kebijakan secara mikro sesuai kebutuhan sekolah yang tuangkan kedalam visi dan misi sekolah, sosialiasi kebijakan yaitu menyampaikan kebijakan pemerintah dan kebijakan sekolah, penerapan kebijakan dengan membentuk team pelaksana yaitu Wakil kepala sekolah bidang Pendidikan karakter, Pembina karakter dan team penggerak disiplin sekolah (PDS) melalui kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), kegiatan rutin harian, kegiatan mingguan ektrakurikuler rohis dan tahfis, kegiatan sosial dan kegiatan akhir semester dengan strategi pengajaran (pemotivasian), pembiasaan, peneladanan yang dilaksanakan secara konsisten dengan keterpaduan prinsip pengetahuan moral knowing, moral feeling dan moral action. Penilitian ini juga menemukan sebuah model kebijakan yang dinamai dengan Kebijakan Kearifan Kontekstual Berjenjang. Dalam konteks ini, kebijakan tersebut dirancang untuk menggabungkan prinsip-prinsip hierarki, kontekstual, dan kearifan.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Penguatan Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: FATRIZAL
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:17
Last Modified: 10 Jun 2024 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64815

Actions (login required)

View Item View Item