CHAIRUN NUPUS, BELLA (2024) “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Tanggung Jawab pada Muatan IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 210/VI Merangin”. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
TESIS BELLA CHAIRUN NUPUS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK Nupus, Bella Chairun. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Tangung Jawab Pada Muatan IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 210/VI Merangin: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir kritis dan karakter tanggung jawab pada muatan IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV SDN 210/VI Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode kualitatif dengan model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 210/VI Merangin. Subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter tanggungjawab peserta didik dalam pembelajaran. Siklus I pada kemampuan berpikir kritis masih ada peserta didik yang masih enggan dalam bertanya, dan belum mampu memberikan kesimpulan. Karakter tanggungjawab peserta didik masih perlu ditingkatkan terutama pada kesadarannya untuk menerima akibat perbuatannya dan mengerjakan tugas tepat waktu. Siklus II pelaksanaan tindakan kelas terjadi perubahan yang cukup signifikan, terutama peserta didik sudah mampu bertanya dan mampu memberikan kesimpulan. Selain itu pada karakter tanggung jawab peserta didik sudah mau menerima akibat perbuatannya dan sudah mengerjakan tugas dengan senang hati. Penerapan model PBL yang dilakukan di kelas IV SDN 210/VI Merangin, pada siklus I menggunakan media uang kertas dan video untuk dianalisis fungsi uang, sejarah, tokoh pada uang tersebut dan mengamati uang berdasarkan warna, tulisan dan tanda keasliannya. Pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan dengan cara yaitu peserta didik menyimak video interaktif terkait karakteristik bentang alam indonesia dan guru menggunakan amplop yang berisikan gambar-gambar kartu kekayaan alam didaerahku. Peserta didik diminta untuk mengambil 2 kartu yang ada pada amplop yang telah disediakan dan peserta didik memikirkan posisi dari kartu yang mereka miliki sesuai dengan tabel yang terdapat dipapan tulis. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan karakter tanggung jawab peserta didik di kelas IV SDN 210/VI Merangin. Kata Kunci: Model PBL, Berfikir Kritis, Karakter Tanggungjawab
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PBL,BERPIKIR KRITIS, KARAKTER TANGGUNGJAWAB |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | BELLA CHAIRUN NUPUS |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:23 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |