Rahmawati, Dian (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS DI SD NEGERI 178 / IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
Abstract
ABSTRAK Dian Rahmawati. 2024. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS di SD Negeri 178 / IV Kota Jambi. Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I. Semangat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh minat belajarnya. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki minat belajar rendah, hal ini terlihat dari antusias dan kemampuan siswa menjawab pertanyaan masih sangat sedikit, bahkan masih banyak siswa yang asik sendiri saat guru menjelaskan materi. Sehingga dibutuhkannya media yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa seperti media pembelajaran video animasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran berbasis video animasi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 178 / IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) tindakan kelas melalui 2 siklus dan masing-masing siklus memiliki tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 178/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki daan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 53,08%, dan mengalami peningkatan pada pertemuan ke II menjadi 60,76% dengan rata-rata siklus I sebesar 56,92%. Pada siklus ke II hasil pencapaian siswa meningkat cukup siginifikan sebesar 72,92% pada pertemuan I, dan sebesar 87,38% pada pertemuan ke II, dengan rata-rata pencapaian siklus II adalah 80,15%. Berdasarkan hasik penelitian tersebut maka dapat di simpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis video animasi pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci : Minat Belajar, Media Pembelajaran, Video Animasi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Media Pembelajaran, Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | DIAN RAHMAWATI |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:23 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |