Juliani, Laura (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS STUDI KASUS PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
absrak.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
A1C420010_Laura Juliani_SKRIPSI..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Virus merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam pembelajaran biologi di kelas X SMA. Berdasarkan data analisis kebutuhan, materi virus termasuk ke dalam salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa, dikarenakan pada materi virus terdapat banyak istilah asing dan objek yang tidak bisa diamati secara langsung. Berdasarkan hasil analisis dibutuhkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Oleh kerena itu, dilakukan penelitian terkait pengembangan e-modul interaktif berbasis studi kasus pada materi virus untuk kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul interaktif berbasis studi kasus, mengetahui hasil pengembangan produk, mengetahui kelayakan produk, mengetahui respon pengguna terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase akhir 90% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi media mendapatkan persentase akhir 98,33% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya produk diujicobakan pada siswa yang terdiri dari kelompok kecil sebanyak 8 siswa dan diperoleh respons dengan persentase 87,75% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya, dil akukan uji kelompok besar sebanyak 23 siswa dan diperoleh respons dengan persentase 89,18% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil respons guru biologi memperoleh persentase sebesar 88,75 % dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan penggunaan e-modul dalam pembelajaran biologi dapat membantu dalam proses pembelajaran dan layak digunakan oleh siswa dan guru biologi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Virus, ADDIE, Flip PDF Professional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Juliani |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:39 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |