Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran ips terpadu sekolah dasar

Rizky, Rizky and Hariandi, Ahmad and Noviyanti, Silvina (2024) Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran ips terpadu sekolah dasar. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKY_A1D117054 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover rizky.pdf

Download (51kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
ABSTRAK RIZKY A1D117054.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 1 RIZKY A1D117054.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 5 RIZKY A1D117054.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIZKY A1D117054.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky, 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag(II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pendidikan karakter, sikap sosial, Pembelajaran IPS Implementasi pendidikan karakter merupakan ihwal karakter, atau pendidikan yang mengajarkan hakikat karakter dalam ketiga ranah cipta, rasa, dan karsa. Pendidikan karakter berpijak pada karakter dasar manusia yang bersumber dari nilai norma universal sebagai perwujudan nilai agama yang biasa disebut the golden rule. Adapun permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama yaitu Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas V SDN 55/I Sridadi? yang kedua Bagaimana faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas V SDN 55/I Sridadi? ketiga ada dampak implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas V SDN 55/I Sridadi? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana pendekatan ini lebih menekankan terhadap analisis proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang sedang diamati. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif yaitu peneliti berusaha menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan, pertama, implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas V SDN 55/I Sridadiyaitu dengan melakukan interaksi melalui bahasa yang baik, dan dapat berbicara dengan sopan. Kedua, adapun faktor pendorong seperti adanya peraturan dan tata tertib sekolah adanya dukungan antara orang tua dan guru. Adapun faktor penghambatnya seperti, minimnya peran orang tua, adanya teknologi, pergaulan di luar sekolah. Ketiga, dampak implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik yaitu akan meningkatkan kepercayaan terhadap siswa, dapat bertanggung jawab, berinteraksi dengan baik dan dapat berpikir kritis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZKY
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:16
Last Modified: 12 Jun 2024 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65002

Actions (login required)

View Item View Item