Implentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan

Ariyani, Vera (2024) Implentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (398kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Two Stay Two Stray, Berkomunikasi, Pendidikan Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SD Negeri 121/I Muara singoan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 121/I muara singoan pada 27 februari- 27 maret 2024. Data penelitian diperoleh dengan dengan cara melakukan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitan ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam kemampuan berkomunikasi siswa di kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan. Siswa kesulitan dalam menyampaikan pemahaman pada saat pembelajaran, siswa juga terlihat masih malu-malu saat mengeluarkan ide dan pendapatnya saat diskusi dan kurang mampu membagi informasi kepada orang lain. Hasil menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada saat proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada analisis setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan I sebesar 42,85% dan pada pertemuan II sebesar 526,25% yang mengalami peningkatan sebanyak 13,4%. Siklus II pertemuan I 68,75%, pada pertemuan II 81,25% yang mengalami peningkatan sebanyak 12,5%. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran koopertatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat meninggkatkan kemampuan berkomunikasi siswa di kelas IV SD Negeri 121/I Muara singoan. Terbukti dengan keberhasilann penelitian ini, kemampuan berkomunikasi siswa meningkat dengan pembelajaran Two Stay Two Stray. Keywords: Two Stay Two Stray, Communicating, Pancasila Education This research aims to improve students' communication skills by using the Two Stay Two Stray type cooperative learning model in class IV of SD Negeri 121/I Muara Singoan. This research was conducted at SD Negeri 121/I Muara Singoan on 27 February - 27 March 2024. Research data was obtained by conducting classroom action research (PTK) which consisted of two cycles, where the data taken was research data by means of observation, interviews and documentation. The data in this research was analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this research indicate that students have difficulty in communicating skills in class IV of SD Negeri 121/I Muara Singoan. Students have difficulty conveying understanding during learning, students also appear to be shy when expressing their ideas and opinions during discussions and are less able to share information with others. The results show that applying the Two Stay Two Stray type cooperative learning model during the learning process can improve students' communication skills. This improvement can be seen in the analysis of each meeting cycle. In the first cycle, the first meeting was 42.85% and in the second meeting it was 526.25%, which was an increase of 13.4%. Cycle II, meeting I 68.75%, at meeting II 81.25%, which had an increase of 12.5%. In this case, it is concluded that the use of the Two Stay Two Stray type cooperative learning model can improve students' communication skills in class IV of SD Negeri 121/I Muara Singoan. It is proven by the success of this research that students' communication skills improve with Two Stay Two Stray learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Berkomunikasi, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ariyani
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:42
Last Modified: 13 Jun 2024 07:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65173

Actions (login required)

View Item View Item