HS, Nurhaliza (2024) Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berkonteks Etnofisika Pada Alat Musik Tradisional Gong Buleuh Menggunakan Heyzine Flipbook. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (526kB) |
Abstract
Gong buleuh merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sungai Penuh- Kerinci, Provinsi Jambi. Gong buleuh dapat diintegrasikan kedalam bidang kajian etnofisika, khususnya pada mata pelajaran fisika yaitu materi bunyi. Namun, berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SMAN 12 Kota Jambi, bahwa sebanyak 53,12% peserta didik masih belum mengetahui dan mengenal alat-alat musik tradisional Jambi. Selain itu, sebanyak 65,62% peserta didik belum mampu memahami adanya keterkaitan konsep fisika yang terdapat pada alat musik tradisional Gong Buleuh. Kemudian, berdasarkan wawancara bersama guru fisika didapatkan data bahwa peserta didik lebih sering menggunakan sumber belajar dari Kemendikbud atau buku wajib dan LKS yang disediakan daripada sumber tambahan. Karena belum tersedianya buku pengayaan fisika yang memuat etnofisika pada alat musik tradisional gong buleuh di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui persepsi peserta didik terhadap buku pengayaan fisika berkonteks etnofisika pada alat musik tradisional gong buleuh menggunakan heyzine flipbook. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D, namun peneliti membatasi sampai tahap Development. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 12 Kota Jambi. Buku yang telah dikembangkan dilanjutkan dengan validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Setelah tahapan validasi selesai, dilakukan uji kepraktisan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisanya. Hasil penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa buku pengayaan fisika berkonteks etnofisika pada alat musik tradisional gong buleuh menggunakan heyzine flipbook. Hasil uji validitas pada buku pengayaan ini menunjukkan bahwa validasi ahli materi yaitu 93,3% dan validasi ahli media yaitu 91,6% dengan kategori sangat baik. Kemudian, hasil tingkat persepsi peserta didik yaitu sebesar 82,69% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk buku pengayaan fisika berkonteks etnofisika pada alat musik tradisional gong buleuh menggunakan heyzine flipbook layak dan praktis untuk digunakan. Gong buleuh is a traditional musical instrument originating from Sungai Banyak-Kerinci, Jambi Province. Gong buleuh can be integrated into the field of ethnophysical studies, especially in physics subjects, namely sound material. However, based on initial observations made at SMAN 12 Jambi City, as many as 53.12% of students still do not know and are familiar with traditional Jambi musical instruments. Apart from that, as many as 65.62% of students were not able to understand the relationship between physics concepts contained in the traditional Gong Buleuh musical instrument. Then, based on interviews with physics teachers, data was obtained that students more often used learning resources from the Ministry of Education and Culture or mandatory books and worksheets provided than additional sources. Because there are no physics enrichment books that contain ethnophysics on the traditional gong buleuh musical instrument at the school. This research aims to develop and determine students' perceptions of physics enrichment books with an ethnophysical context on the traditional musical instrument gong buleuh using the Heyzine flipbook. This development research uses a 4D development model, but researchers limit it to the Development stage. The test subjects in this research were class XII students at SMAN 12 Jambi City. The book that has been developed is continued with validation by media experts and material experts to determine its level of suitability. After the validation stage is complete, a practical test is carried out on students to determine the level of practicality. The results of this research produced a product in the form of a physics enrichment book with an ethnophysical context on the traditional gong buleuh musical instrument using the Heyzine flipbook. The results of the validity test on this enrichment book show that material expert validation is 93.3% and media expert validation is 91.6% in the very good category. Then, the results of the level of student perception were 82.69% in the very good category. Based on the results of this research, it can be concluded that the physics enrichment book product with an ethnophysical context on the traditional gong buleuh musical instrument using the Heyzine flipbook is feasible and practical to use.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Pengayaan, Etnofisika, Gong Buleuh, Heyzine Flipbook. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HS |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |