Sinaga, Yeppi Swelan Eunike (2024) Pengaruh Model Pembelajaran GENICS terhadap Meta-skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
COVER (3).pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Reseach) dengan rancangan penelitian Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Sampel penelitian pada kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian berupa test dan koesioner. Intrumen test berupa pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan sintaks dan Instrumen Pengukuran Meta-skills (IPM) berupa koesioner. Analisis data observasi keterlaksanaan sintaks dengan mengisi lembar observasi dan uji regresi berganda untuk mengetahui konsistensi sintaks model pembelajaran. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu uji linearitas, uji homogenitas, uji normalitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah One Way Mancova. Hasil uji One Way Mancova, a) Terdapat pengaruh terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif [F(2,62)=23,148, p<0,001, partial eta squared 0,427]. Besar pengaruhnya dengan effect size partial eta squared, untuk uji F yaitu 0,427>0,14 (Large Effect). b) Terdapat pengaruh terhadap terhadap meta-skills [F(1,63)=41,317, p<0,001, partial eta squared 0,396]. Pengaruh besar kecilnya dengan menggunakan effect size partial eta squared, untuk uji F yaitu 0,396>0,14 (Large Effect). c) Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kognitif [F(1,63)=4,199, p=0,045, pascial eta squared 0,062]. Pengaruh besar kecilnya dengan menggunakan effect size partial eta squared, pada uji F yaitu 0,062>0,06 (Medium Effect). The research was conducted at SMA Negeri 1 Jambi City. This type of research is a quasi-experimental research with a Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. The research sample in class XI F1 as the experimental class and class XI F3 as the control class. The sampling technique was purposive sampling technique. Data collection techniques used in the study were tests and questionnaires. Test instruments in the form of pretests and postests to determine students' cognitive learning outcomes and non-test instruments in the form of syntax implementation observation sheets and Meta-skills Measurement Instruments (IPM) in the form of questionnaires. Data analysis of syntax implementation observations by filling out observation sheets and multiple regression tests to determine the consistency of the learning model syntax. The research used data analysis techniques, namely linearity test, homogeneity test, normality test, and the hypothesis test used was One Way Mancova. The results of One Way Mancova test, a) There is an influence on meta-skills and cognitive learning outcomes [F(2,62)=23.148, p<0.001, partial eta squared 0.427]. The magnitude of the influence with effect size partial eta squared, for the F test is 0.427>0.14 (Large Effect). b) There is an influence on meta-skills [F(1,63)=41.317, p<0.001, partial eta squared 0.396]. The effect size using effect size partial eta squared, for the F test is 0.396>0.14 (Large Effect). c) There is an influence on cognitive learning outcomes.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GENICS, Meta-skills, Hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SINAGA |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |