Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Tipe Kepribadian Jung dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Perbandingan Berbalik Nilai di SMP Negeri 9 Kota Jambi

Ritanti, Endhah (2024) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Tipe Kepribadian Jung dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Perbandingan Berbalik Nilai di SMP Negeri 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Persetujuan Pengesahan.pdf

Download (500kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dengan tipe kepribadian jung dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman yang dilakukan di SMP Negeri 9 Kota Jambi kelas VIII tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data penelitian ini berbentuk hasil tes tertulis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dan wawancara terhadap subjek penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Teknik pemilihan subjek penelitian yang digunakan ialah purposive, teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kesalahan, pengamatan dan wawancara terhadap subjek penelitian. Kemudian teknik analisis data yang dipakai ialah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa seluruh siswa dengan tipe kepribadian Jung mengalami kesalahan pada setiap nomornya dengan siswa introvert melakukan kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error), sedangkan pada siswa ekstrovert melakukan kesalahan transformasi (Transformation Error), kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error). Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa tipe kepribadian siswa memiliki kesalahan yang berbeda dengan faktor penyebabnya. This study aims to analyze and describe the types of errors of students with Jung's personality type in solving mathematics story problems based on Newman's procedure conducted at SMP Negeri 9 Jambi City class VIII in the 2023/2024 school year. This type of research is qualitative research with a descriptive approach, this research data is in the form of written test results of student errors based on Newman procedures and interviews with research subjects, namely 8th grade students of SMP Negeri 9 Jambi City. The research subject selection technique used was purposive, data collection techniques were carried out through error tests, observations and interviews of research subjects. Then the data analysis technique used is to use data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study revealed that all students with Jung's personality type experienced errors on each number with introverted students making process skill errors and encoding errors, while extroverted students made transformation errors, process skill errors, and encoding errors. From the results of the research conducted, it is concluded that students' personality types have different errors with their causal factors.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, prosedur Newman, kepribadian Jung, soal cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ritanti
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:10
Last Modified: 19 Jun 2024 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65494

Actions (login required)

View Item View Item