SAFIRA, TASYA KURNIA (2024) Analisis Keterampilan Proses Dalam Berpikir Pseudo Melalui Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Pada Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Skripsi Tasya Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Skripsi Tasya.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Skripsi Tasya.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Tasya.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses dalam berpikir pseudo melalui pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 76 Mendalo Darat pada 12 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi dan tes berbasis etnomatematika, serta wawancara dengan 4 subjek penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa subjek S1, S3, dan S4 memenuhi indikator keterampilan proses mengamati, klasifikasi, menerapkan konsep, menghitung, mengukur, dan berkomunikasi dalam berpikir pseudo benar, namun penjelasan mereka kurang konsisten. Subjek S2 memenuhi sebagian besar indikator kecuali keterampilan proses mengamati dalam berpikir pseudo benar. Semua subjek tidak memenuhi keterampilan prediksi dalam berpikir pseudo benar. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa dapat memberikan jawaban yang benar, mereka kesulitan menjelaskan proses yang digunakan, mengindikasikan berpikir pseudo benar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru harus mempertimbangkan masukin budaya dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong pemahaman yang lebih baik tentang matematika, dan membantu mereka menghindari berpikir pseudo.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SAFIRA |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |