Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesiswaan di SMA Negeri 10 Muaro Jambi

Andriyani, Siti (2024) Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesiswaan di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan(Kertas Wangi)_Siti A.pdf

Download (166kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI ANDRIYANI. FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Abstrak (Siti Andriyani).pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
14. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (417kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi kesiswaan di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Partisipan penelitian yang terlibat dalam perolehan informasi pada penelitian ini diantaranya adalah kepala tata usaha, kepala sekolah, wakil bidang administrasi kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan dua peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi kesiswaan dilakukan dengan cara: (1) melakukan dukungan dalam pengelolaan standar nasional., (2) melakukan susunan program dan pelaporan kerja., (3) melakukan koordinasi dalam pengorganisasian staf., (4) melakukan pengembangan staf., (5) mampu mengambil keputusan, mengelola konflik dan menciptakan hubungan kerja yang kondusif., (6) optimal dalam memnfaatkan sumber daya., (7) melakukan pembinaan staf., (8) melakukan penyusunan laporan. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sumber daya manusia bila dibandingkan rasio kebutuhan kerja, jika dilihat dari lima aspek pelayanan yaitu daya tanggap: sudah baik karena komunikasi yang diberikan sudah tanggap dalam melayani, Jaminan: ketepatan waktu yang diberikan sudah terjamin, kehandalan: sudah baik karena proses diselesaikan dengan cepat, namun masih ada beberapa perhatian dari siswa diantaranya masi ada beberapa siswa yang masih tidak berani untuk bertemu dalam menyampaikan keluhannya terhadap data. Hal ini dapat dilihat dari aspek empati: dalam artian komunikasi yang dibangun antara siswa dan staf tata usaha belum maksimal, dan jika dilihat dari aspek wujud fisik: belum adanya papan informasi berbentuk tulisan untuk mempermudah siswa dalam menyampaikan keluhan. Upaya yang diberikan kepala tata usaha diantaranya membangun komitmen kerja kepada staf tata usaha untuk menjalin kerja sama antar staf serta bergotong royong dalam mencapai target yang dibutuhkan, kemudian untuk meminimalisir kesalahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumumam kepada siswa melalui kerja sama dengan wali kelas untuk memberitahukan perbaikan data sebelum dilakukannya pencetakan raport atau ijazah serta melakukan rapat bulanan, semester, juga evaluasi setiap tahun dengan tujuan untuk mengukur bagaimana ketercapaian tujuan sekolah yang telah dilakukan. This research aims to find out how managerial competence is head of administration in improving student administration services in high school Negeri 10 Muaro Jambi. This research uses qualitative methods with case study approach. Data collection in this research was carried out through observation, interviews and document study. Research participants involved in Information obtained in this research included the head of administration, head school, representative for student administration, guidance and counseling teacher, and two learners. The data analysis techniques used are data reduction and data presentation and drawing conclusions. The results of this research indicate that the managerial competence of the head of Tata Efforts to improve student administration services are carried out by: (1) provide support in managing national standards, (2) carry out composition work programs and reporting, (3) coordinating in organizing staff, (4) carry out staff development, (5) be able to make decisions, manage conflict and creating conducive working relationships., (6) optimal in utilize resources., (7) carry out staff development., (8) carry out preparation report. The obstacle faced is the lack of human resources if compared to the ratio of work requirements, when viewed from five aspects of service, namely power responsive: already good because the communication provided is responsive in serving, Guarantee: punctuality provided is guaranteed, reliability: is good because the process was completed quickly, but there are still some concerns from of the students, there are still some students who still don't dare to meet in conveying complaints about the data. This can be seen from the aspect of empathy: in the sense that communication has not been established between students and administrative staff maximum, and if seen from the physical aspect: there is no information board written form to make it easier for students to convey complaints. Effort The things given by the head of administration include building work commitment to staff administration to establish cooperation between staff and work together in achieving the required target, then to minimize data errors is carried out by making an announcement to students in collaboration with guardians class to notify data corrections before printing reports or diploma as well as holding monthly meetings, semesters, and annual evaluations with the aim is to measure how the school's goals have been achieved.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha, Pelayanan Administrasi Kesiswaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Andriyani
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:20
Last Modified: 02 Jul 2024 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65980

Actions (login required)

View Item View Item