ANALISIS KEPUTUSAN ANGGOTA KOPERASI DALAM MENJUAL HASIL TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT: KASUS PADA KOPERASI MUTIARA BUMI KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANG HARI

Yulianti, Linda (2024) ANALISIS KEPUTUSAN ANGGOTA KOPERASI DALAM MENJUAL HASIL TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT: KASUS PADA KOPERASI MUTIARA BUMI KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANG HARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (373kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana penjualan Tandan Buah Segar (TBS) oleh anggota Koperasi Mutiara Bumi. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anggota koperasi dalam Melakukan Penjualan Hasil Tandan Buah Segar Kelapa Sawit ke Koperasi Mutiara Bumi Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode kuantitatif menggunakan regresi logistik. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Mutiara Bumi Kecamatan BajubangKabupaten Batang Hari dengan jumlah petani sample dalam penelitian ini sebanyak 75 petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani melakukan penjualan dengan menjual Tandan Buah Segar kelapa sawitnya pada koperasi dan pada luar koperasi. Penjualan Tandan Buah Segar kelapa sawit yang dilakukan petani ke Koperasi Mutiara Bumi yaitu sebanyak 30.324 Kg - 32.880 Kg. Sedangkan petani yang menjual Tandan Buah Segar kelapa sawit ke luar koperasi sebanyak 25.216 Kg - 27.769 Kg. Keputusan anggota koperasi dalam melakukan penjualan hasil Tandan Buah Segar Kelapa Sawit ke Koperasi Mutiara Bumi dipengaruhi nyata oleh faktor harga dan jarak. Sedangkan secara tidak nyata dipengaruhi oleh faktor keterikatan, dan produksi. This research aims to: (1) To find out how Fresh Fruit Bunches (FFB) are sold by members of the Mutiara Bumi Cooperative. (2) To analyze the factors that influence cooperative members' decisions in selling fresh palm fruit bunches to the Mutiara Bumi Cooperative, Bajubang District, Batanghari Regency. The data analysis methods used in this research are descriptive methods and quantitative methods using logistic regression. This research was conducted at the Mutiara Bumi Cooperative, Bajubang District, Batang Hari Regency with a total of 75 sample farmers in this research. The research results show that farmers make sales by selling their oil palm fresh fruit bunches to cooperatives and outside cooperatives. Sales of oil palm fresh fruit bunches by farmers to the Mutiara Bumi Cooperative amounted to 30,324 kg - 32,880 kg. Meanwhile, farmers selling fresh fruit bunches of oil palm outside the cooperative amounted to 25,216 kg - 27,769 kg. The decision of cooperative members to sell Fresh Palm Fruit Bunches to the Mutiara Bumi Cooperative is significantly influenced by price and distance factors. Meanwhile, it is not significantly influenced by attachment and production factors.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keputusan, Harga, Jarak, Keterikatan, Petani, Produksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yulianti
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:25
Last Modified: 08 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66028

Actions (login required)

View Item View Item