Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Di Kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi

Permadi, Gideon Putera (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Di Kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka yang masih baru dan belum menyeluruh di semua kelas, kemudian dalam proses pembelajaran masih ada peserta didik yang kurang antusias selama proses pembelajaran.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian berupa bagaimana proses perencanaan pembelajaran menggunakan model project based learning oleh guru, proses pembelajaran menulis teks berita di dalam kelas VII A yang melibatkan guru dan peserta didik dengan menggunakan model project based learning, dan hasil dari pembelajaran menulis teks berita di kelas VII A dengan menggunakan model project based learning. Sumber data yang digunakan meliputi modul ajar, proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, modul ajar yang disusun oleh guru ternyata mengandung semua komponen yang dibutuhkan sesuai dengan kurikulum merdeka. Selain itu, pelaksanaan kegiatan pembelajaran juga berjalan dengan baik, sesuai dengan modul ajar yang telah dirancang, serta mengikuti langkah-langkah penerapan model project based learning seperti penentuan pertanyaan mendasar, perancangan perencanaan proyek, penyusunan jadwal, pemantauan kemajuan peserta didik dan proyek, pengujian hasil, dan evaluasi pengalaman.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: project based learning, menulis teks berita, modul ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: PERMADI
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:42
Last Modified: 02 Jul 2024 04:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66066

Actions (login required)

View Item View Item