Maulana, Nadhif Akbar (2024) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, FKIK.
![]() |
Text
G1A120055_Nadhif Akbar Maulana_Skripsi FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFPUS.pdf Download (150kB) |
Abstract
Latar Belakang: Kurangnya komunikasi yang efektif antara perawat dan dokter dapat menyebabkan efek yang buruk pada pasien sehingga masalah keselamatan pasien terkait komunikasi menjadi perhatian global. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah melakukan pembelajaran kolaborasi dan kerja sama antar berbagai tenaga kesehatan yang berbeda melalui Interprofessional Education (IPE). Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mengetahui persepsi mahasiswa terhadap IPE dengan metode Problem based learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Data diambil menggunakan kuesioner. Sampel penelitian dipilih secara total sampling dengan populasi mahasiswa Program Studi Kedokteran dan Keperawatan FKIK Universitas Jambi angkatan 2021 dan 2022. Hasil: Dari 213 responden, sebagian besar (78.4%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE pada semua kategori, (66.7%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE pada kategori tujuan pembelajaran, (62%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE pada kategori metode pengajaran, (67.1%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE pada kategori dukungan staf dan pengampu, dan (73.7%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE pada kategori infrastruktur dan pengelolaan. Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa Program Studi Kedokteran dan Keperawatan FKIK Universitas Jambi memiliki persepsi yang baik terhadap IPE dengan metode PBL. Kata Kunci: Persepsi, mahasiswa, Interprofessional Education, Problem-based learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Maulana |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |