Pengaruh Kreativitas Mengajar Siswa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi Pada Materi Fluida Dinamis

Marieta, Brigita (2024) Pengaruh Kreativitas Mengajar Siswa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi Pada Materi Fluida Dinamis. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena kurangnya minat belajar pada siswa. Minat merupakan suatu kecenderungan yang terus menerus untuk memperhatikan dan mengingat suatu kegiatan. Minat dapat timbul karena ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor ini bisa berasal dari dalam diri (internal), namun bisa juga berasal dari luar (eksternal). Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar adalah kreativitas mengajar guru. Kreativitas mengajar merupakan salah satu upaya guru dalam memberikan bahan pembelajaran kepada siswanya. Kreativitas guru di dalam kelas berperan penting dalam merangsang aktivitas belajar dan minat belajar siswa. Guru yang kreatif dalam memilih metode dan strategi pembelajaran serta dalam memberikan isi pembelajaran yang relevan dan jelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar terhadap minat belajar pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada bulan Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode non-eksperimental, yaitu metode survey. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cluster random sampling, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen kreativitas mengajar dan minat belajar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas mengajar berpengaruh terhadap minat belajar siswa di kelas SMAN N 8 Kota Jambi. Hasil uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana menunjukkan persentase kontribusi pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap minat belajar siswa sebesar 12% pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena kurangnya minat belajar pada siswa. Minat merupakan suatu kecenderungan yang terus menerus untuk memperhatikan dan mengingat suatu kegiatan. Minat dapat timbul karena ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor ini bisa berasal dari dalam diri (internal), namun bisa juga berasal dari luar (eksternal). Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar adalah kreativitas mengajar guru. Kreativitas mengajar merupakan salah satu upaya guru dalam memberikan bahan pembelajaran kepada siswanya. Kreativitas guru di dalam kelas berperan penting dalam merangsang aktivitas belajar dan minat belajar siswa. Guru yang kreatif dalam memilih metode dan strategi pembelajaran serta dalam memberikan isi pembelajaran yang relevan dan jelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar terhadap minat belajar pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada bulan Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode non-eksperimental, yaitu metode survey. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cluster random sampling, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen kreativitas mengajar dan minat belajar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas mengajar berpengaruh terhadap minat belajar siswa di kelas SMAN N 8 Kota Jambi. Hasil uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana menunjukkan persentase kontribusi pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap minat belajar siswa sebesar 12% pada taraf signifikansi 5%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Minat, Fluida Dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Marieta
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:50
Last Modified: 03 Jul 2024 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66203

Actions (login required)

View Item View Item