PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BILINGUAL [INDONESIA-INGGRIS] BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI

Sabrina, Sabrina (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BILINGUAL [INDONESIA-INGGRIS] BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI SABRINA RSA1C217004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan Sabrina.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Modul yang berbasis teknologi masih jarang diterapkan pada proses pembelajaran matematika. Modul digital adalah salah satu contoh kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan. Pengembangan modul digital matematika bilingual menjadi hal yang baik dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan kegiatan belajar matematika, dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. Adapun software yang dapat digunakan untuk membuat modul digital adalah flip pdf professional. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, dan kualitas pengembangan e-modul matematika bilingual [Indonesia-Inggris] berbantuan aplikasi flip pdf professional untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA kelas X materi trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu perolehan persentase validasi materi sebesar 93,75% dengan kategori “sangat valid”, perolehan persentase validasi d esain sebesar 85% dengan kategori “sangat valid”, perolehan persentase praktikalitas guru sebesar 81,25% dengan kategori “sangat praktis”, perolehan persentase praktikalitas siswa sebesar “87,88%” dengan kategori “sangat praktis”, perolehan persentase efektifitas respon siswa sebesar 86,67% dengan kategori “sangat efektif”, perolehan persentase efektifitas minat belajar siswa sebesar 71,5% dengan kategori “efektif”. Maka disimpulkan bahwadalam penelitian ini menunjukkan e-modul matematika bilingual [Indonesia-Inggris] berbantuan aplikasi flip pdf professional untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA kelas X materi trigonometri layak digunakan saat proses pembelajaran karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa minat belajar siswa dapat meningkat dengan pembelajaran menggunakan e-modul matematika bilingual [Indonesia- Inggris] berbantuan aplikasi flip pdf professional untuk SMA kelas X materi trigonometri.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, bilingual, flip pdf professional, minat belajar, trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sabrina
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:12
Last Modified: 04 Jul 2024 08:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66324

Actions (login required)

View Item View Item