Penerapan Project Based Learning (PjBL) Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi

Sari, Laura Meilita (2024) Penerapan Project Based Learning (PjBL) Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LAURA MEILITA SARI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Laura.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, SARAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran menulis teks berita pada kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi tahun jaran 2023/2024, dengan melihat bagaimana merancang, melaksanakan dan melakukan penilaian hasil belajar pada pembelajaran menulis berita. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi pada Januari 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII. Analisis data dilakukan dengan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek dan objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, mengumpulkan data, reduksi data menyajikan data, verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sudah telaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah PjBL, Meskipun semua langkah pembelajaran terlah terlaksana dengan baik, namun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, yaitu tahap memonitoring karena keterbatasan dalam waktu yang hanya bisa dilakukan pada waktu pembelajaran sedangkan saat waktu pembelajaran habis maka pendidik tidak bisa memonitoring peserta didik. Namun peserta didik tetap bisa menyelesaikan proyek dengan waktu sesuai dengan jadwal dan menghasilkan karya yang baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, PjBL, Menulis Teks Berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: SARI
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:42
Last Modified: 04 Jul 2024 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66368

Actions (login required)

View Item View Item