ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA POLA BILANGAN BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS(NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DI KELAS VIII SMP

RAHAYU, WIWIED RIZKY PUSPITA (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA POLA BILANGAN BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS(NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI WIWIED RIZKY PR_A1C217048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN_WIWIED.pdf

Download (319kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan berdasarkan Newman’s Error Analysis(NEA) ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif di kelas VIII SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi bahwa terdapat siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, khususnya materi pola bilangan. Salah satu factor terjadinya kesalahan adalah karakteristik siswa yang erat kaitannya dengan gaya kognitif yang berbeda pada masing-masing siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 18 Kota Jambi berjumlah 6 orang. Pada penelitian ini subjek diberikan tes MFFT, dan tes soal cerita pola bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan siswa dengan gaya kognitif baik reflektif dan impulsive sangat beragam dan dapat ditemukan diberbagai tahapan newman. Hanya jenis kesalahan pada siswa dengan gaya kognitif reflektif cenderung kesalahan-kesalahan kecil seperti perhitungan, sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsive cenderung melakukan kesalahan dari mulai tahap memahami sampai penulisan hasil. Kata kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Newman Error Analysis, Gaya Kognitif

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RAHAYU
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:04
Last Modified: 05 Jul 2024 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66511

Actions (login required)

View Item View Item