UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 MERANGIN

Putri, Dea Rizka Amanda (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DEA ABSTRAK-1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DEA BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DEA BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DEA COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DEA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DEA RIZKA AMANDA PUTRI FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DEA HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (227kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dea Rizka Amanda Putri, 2024 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Part and Whole Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Merangin” Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Reza Hadinata, S.Si., M.Pd (II) Yonifia Anjanika, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Part and Whole, Passing Bawah, hasil belajar Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan mendorong penulis untuk melalukan penelitian lebih dalam tentang bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalu metode pembelajaran part and whole pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Merangin. Tujuan pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah, penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam penelitian ini melakukan Tindakan terhadap kelas yang terpilih dengan menerapkan model pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan pada materi bola voli dengan populasi berjumlah 32 orang siswa dari19 kelas VII B SMP Negeri 4 Merangin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terdapat perbedaan nilai yang signifikan dimana sebelumnya diberikan Tindakan hasil ketuntasan klasikal hanya 19% dari jumlah siswa 32 orang. Kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode part anda whole terjadi peningkatan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I menjadi 50% dan pada saat siklus II terjadi peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerepan metode part and whole pada pelaksanaan pembelajaran passing bawah bola voli dapat dipahami dan dimengerti oleh peserta didik, dikarenakan metode tersebut mengajarkan peserta didik gerak-gerak awalan dasar dari passing bawah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Part and whole, passing bawah, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Putri
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:23
Last Modified: 08 Jul 2024 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66725

Actions (login required)

View Item View Item